Artikel:
Membandingkan Lima Metode Untuk Menentukan Beda Rataan
Berberda Populasi Setelah Anova


Bahan ini cocok untuk Informasi / Pendidikan Umum.
Nama & E-mail (Penulis): Widiarso Cahyoadi,S.Si.
Saya Mahasiswa di Salatiga
Tanggal: 10 Maret 2004
Judul Artikel: Membandingkan Lima Metode Untuk Menentukan Beda Rataan Berberda Populasi Setelah Anova
Topik: STATISTIK

Untuk menguji beda rataan dari dua populasi kita biasanya menggunakan statistik uji t atau statistik uji Gauss. Sedangkan untuk menguji beda rataan dari k populasi/perlakuan digunakan analisis variansi (anova). Akan tetapi jika dalam pengujian dengan anova hipotesis nol ditolak, kita belum mendapatkan informasi tentang rataan dari populasi/perlakuan mana yang berbeda. Sehingga diperlukan suatu metode untuk menguji rataan dari populasi/perlakuan mana yang berbeda tersebut. Untuk itu digunakan pengujian pasca anova.

Ada lima macam pengujian pasca anova yang biasa digunakan, yaitu Fisher's Least Significant Difference, Tukey's Honest Significant Difference, Prosedur Student-Newman-Keuls, Uji Range Ganda Duncan, dan Metode Bonferroni. Dengan melakukan perbandingan analitis nilai kritis masing-masing pengujian pasca anova tersebut dan simulasi pengujian dengan menggunakan Program S-PLUS 2000 didapatkan bahwa Fisher's Least Significant Difference merupakan pengujian terbaik.

Sehingga jika pengujian dengan anova hipotesis nol ditolak, maka kita bisa menggunakan Fisher's Least Significant Difference untuk menguji dan mencari informasi rataan dari populasi/perlakuan mana yang berbeda.

Saya Widiarso Cahyoadi,S.Si. setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network dan saya menjamin bahwa bahan ini hasil karya saya sendiri dan sah (tidak ada copyright). .

CATATAN:
Artikel-artikel yang muncul di sini akan tetap di pertanggungjawabkan oleh penulis-penulis artikel masing-masing dan belum tentu mencerminkan sikap, pendapat atau kepercayaan Pendidikan Network.

Pendidikan-DasarSekolah-MenengahPerguruan-TinggiCari-PekerjaanTeknologi&PendidikanPengembangan-Sekolah



Print Halaman Ini