Pakai minyak penghangat. Penghangat, seperti minyak telon atau balsam khusus anak boleh juga digunakan. Balurkan di perut, dada, dan punggung. Kemudian, lakukan pijatan lembut para area tersebut. Bagaimana dengan kerokan? Kerokan tidak disarankan karena dapat membuat pori-pori kulit anak menjadi terbuka.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

Kondisi ini bisa meningkatkan berisiko masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh. Selain itu, kerokan dapat membuat pecahnya pembuluh darah tepi. ¦ Minum air hangat. Coba beri si kecil minuman hangat, sehingga perutnya terasa nyaman. Upaya ini pun meman cing untuk sendawa atau buang angin. ¦ Obat-obatan. Ada obat-obatan yang dapat membantu mengatasi perut kembung. Akan tetapi, konsultasikan dulu dengan tenaga medis sebelum memberikannya pada anak. CEGAH GAS TERKUMPUL Sekali lagi, kembung bisa disebabkan oleh makanan sehingga pecegahannya bisa dengan menjaga pola makan yang baik dan benar.

Selain itu, perhatikan tata cara makan dan jenis makanan yang dipilih. Berikut cara-caranya: ¦ Makan/minum perlahan dan sedikit-sedikit. Minta anak menikmati makan dan minumnya secara perlahan, sehingga tidak menelan banyak udara. Ajari juga ia untuk tidak langsung makan banyak dan minta si kecil untuk mengunyah makanannya hingga lembut. Semua ini bisa membantu organ pencernaannya tidak bekerja terlalu berat. ¦ Makan sambil duduk. Pastikan anak makan sambil duduk, tidak dalam posisi berbaring. Kenapa?

Karena makan dalam posisi berbaring dapat membuat gas di lambung yang masuk selama proses makan dan mencerna, sulit keluar dalam bentuk sendawa. ¦ Batasi konsumsi makanan penghasil gas. Sebaiknya anak membatasi makanan/minuman yang dapat memicu timbulnya gas di lambung. Contoh, minuman dingin, es krim, minuman bersoda, makanan pedas, dan kacang-kacangan (kacang tanah, kacang polong, buncis). Hindari juga aneka produk susu sapi bagi anak yang mengalami intoleransi laktosa. Makanan berlemak dan gorengan juga dapat memicu perut kembung. ¦

Konsumsi makanan berserat. Serat pada makanan adalah kunci agar pencernaan sehat, tidak mengalami sembelit yang dapat memicu perut kembung. Karena itulah mengapa menyajikan buah-buahan segar dan sayur amat penting. Kalaupun ingin mengolah buah dan sayur menjadi jus, pastikan rasanya dapat diterima oleh anak, Batasi juga penggunaan gula. ¦ Kurangi konsumsi gula. Mengonsumsi makanan bergula dalam jumlah banyak dapat menyebabkan produksi gas berlebih dalam perut. Akibatnya perut si kecil menjadi kembung dan sakit. Nah, Ma, sudah siap mengatasi perut kembung si kecil?

Sumber : https://ausbildung.co.id/

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *