Agar Besi Tetap Kuat

Besi itu kuat. Tak mudah patah. Bisa menjadi penyangga rumah. Bisa juga menjadi pagar pelindung rumah. Tapi, besi juga lemah. Besi tanpa lapisan proteksi bisa berkarat. semakin lama, karat akan mengerogoti lapisan besi. Besi pun jadi tak kuat lagi. Agar kekuatan besi tetap terjaga, butuh cat untuk melindunginya. Cat akan mencegah terjadinya korosi akibat bertemunya permukaan besi dengan udara, yang menyebabkan oksidasi. Namun, tak semua jenis besi punya cat pelindung yang sama. Beda jenis, beda pula pelapisnya. salah satu jenis besi yang menggunakan pelapis beda adalah jenis baja galvalum yang telah di-galvanized. Baja ini menggunakan lapisan zinc (seng) galvanis yang bersifat antikarat. Contoh baja galvalum adalah apa yang sering disebut baja ringan. Pelapisan baja ringan tak bisa menggunakan cat besi biasa yang berbasis resin jenis alkyd. Jenis cat besi biasa tidak mempunyai daya lekat yang baik.

Baca Juga : Jual Genset Jakarta

“Bisa berakibat pengelupasan yang disebabkan reaksi kimia dari zinc. Reaksi ini membuat resin film cat alkyd yang bersentuhan langsung menjadi mengeras, sehingga surface tension menjadi tinggi hingga pecah. Dan, dengan adanya kelembapan cuaca, maka film cat jenis alkyd akan mulai mengelupas sendiri pada spot-spot tertentu,” ujar Freddy Pangkey, Direktur Marketing dari Mataram Paint (emco). Pengaplikasian yang salah dapat dilihat pada pengecatan yang digunakan di fasilitas perkotaan. Menurut Freddy, banyak rambu pengaman dan konstruksi traffic light dan signage, menggunakan pipa/besi jenis galvanis yang tahan karat. Tetapi, pihak pengelola kota menggunakan cat kayu dan besi biasa yang berbahan alkyd. Hasilnya, cat besi banyak yang terkelupas. “Jenis cat yang mempunyai daya lekat baik pada besi galvanis adalah cat jenis akrilik khusus yang mempunyai daya lekat bagus pada substrat nonferrous seperti aluminium-tembaga-seng (zinc galvanis),” imbuh Freddy. “Perlu diingatkan bahwa jenis akrilik khusus ini harus menggunakan tiner jenis aromatic solvent seperti toluene atau xylene,” pungkasnya. setelah pemilihan cat sesuai jenis besi, maka langkah pengaplikasian cat harus benar. Tujuannya, besi di rumah Anda tak mengalami masalah dikemudian hari. Berikut 7 langkah pelapisan besi yang bisa menjadi acuan

  • Membersihkan Permukaan Besi Langkah pertama ketika melapis besi adalah membersihkan permukaannya lebih dahulu. Permukaan besi, khususnya besi baru, umumnya dilindungi olesan minyak. olesan ini berfungsi menghindari karat selama pengiriman dan penyimpanan. Pembersihan minyak bisa menggunakan deterjen atau sabun colek dengan air yang cukup. kemudian cuci dengan air bersih dan keringkan.
  • Membuat permukaan untuk membuat setelah kbesi kering, ampelas asar Permukaan besi sedikit kasar. Tujuannya, untuk memperkuat daya rekat cat. Proses pengampelasan cukup mengunakan ampelas halus untuk besi baru. Besi baru cenderung belum muncul karat seperti halnya pada pengecatan ulang besi lama.
  • Membersihkan pelapisan besi lama, Anda Untuk pelapisan ulang atau karat harus membersihkan karat terlebih dulu. Untuk bisa menghilangkannya, Anda bisa menggunakan ampelas yang kasar no. 80/180. Penggukuran ampelas tak boleh sembarangan. Agar permukaan tidak nampak goresan pasir ampelasnya, selisih nomor ampelas tidak boleh lebih dari 200. Misalnya, untuk mengampelas permukaan cat lama yang sudah berkarat, bisa menggunakan ampelas kasar. Anda bisa menggunakan ampelas nomer 80 atau 180, tergantung kuantitas karat. setelah itu, gunakan ampelas yang medium, nomer 400.
  • Memastikan Besi aplikasi cat pada besi adalah salah satu persyaratan untuk kering besi harus kering betul. Maka, hindari pengecatan kala hujan atau gerimis agar daya lekat lebih sempurna. Bila pengecatan dilakukan pada pagi hari, besi harus bebas dari embun. Untuk pengukuran tingkat kering besi di lapangan, cukup dengan meraba dan rasakan kelembabannya. Untuk lebih optimal, Anda juga bisa menggunakan alat pengukuran kering, MC (moisture content) tester. Alat ini umumnya juga digunakan untuk mengukur kelembapan dinding.
  • Pelapisan Cat beberapa fungsi. Pertama, cat Cat dasar mempunyai dasar dasar berfungsi sebagai primer murni. Cat dasar hanya untuk membuat permukaan besi lebih rata, menutupi pori-pori atau bekas goresan. kedua, cat dasar berfungsi sebagai antikarat yang melindungi besi. selain itu, cat dasar juga mempunyai sifat proteksi terhadap migrasi uap air dari cuaca ke substrat besi. kandungan filler kalsium karbonat menjadi kunci yang menahan masuknya uap air ke substrat besi. Cat dasar pun bisa memperkuat adhesion/daya lekat cat ke besi.
  • Menunggu Cat top coat secara t , cat dasar harus kering eori, sebelum melapis dasar kering sempurna. kering sempurna berarti cat sudah mencapai through dryness. Tahapan kering sendiri terbagi menjadi: dust free (debu tidak menempel), touch dry (kering sentuh), through dry (tiner menguap total), dan total drying (kekerasan film cat mencapai titik jenuh/stabil). kering sempurna umumnya tercapai sekitar 3-7 hari setelah pelapisan, tergantung formulasinya. Untuk jeda waktu kering, cat dasar yang berbasis alkyd resin sangat ditentukan oleh cuaca. Bila pengecatan dilakukan saat matahari terik, maka touch dry dan through dry terjadi jauh lebih cepat. sebaliknya, bila pengecatan dilakukan saat cuaca akan hujan, mendung tidak ada matahari, waktu touch dry akan lebih lama. Maka pada keterangan pada kaleng cat kayu besi selalu tercantum kering sentuh 2-4 jam. setelah cat dasar kering, lakukan pengampelasan dengan ampelas 600/800. Aplikasi yang benar, akan hasilkan permukaan cat yang lebih halus/ licin.
  • Pengecatan utama) adalah mempunyai ragam kelebihan top coat top Coat (cat pilihan warna yang lebih banyak. selain itu, mempunyai ketahanan terhadap terpaan cuaca di lingkungan luar. Fungsi perlindungan ini yang tidak dimiliki cat dasar. Untuk pengecatan, hindari melapis top coat dalam keadaan cat dasar belum kering sempurna karena bisa mengakibatkan solvent trap. Uap tiner tidak leluasa keluar karena ada lapisan cat dasar dan top coat. Namun, bila cuaca tidak terlalu panas dan lapisan top coat masih basah, maka uap tiner masih bisa keluar. Hanya saja, waktu kering cat akan lebih lama. Tetapi bila cuaca panas dan objek terkena terik sinar matahari, top coat akan cepat kering. Akibatnya, uap dari tiner akan mendesak lapisan cat yang kering dan menyebabkan munculnya lubang-lubang kecil seperti seperti lubang jarum pada permukaan cat. Tampilan cat besi pun kurang apik. Waktu kering top coat kurang lebih 7-10 hari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *