Begini Cara Membuat Bawang Putih

Bawang hitam atau yang dikenal dengan istilah “black garlic’’ adalah bawang putih biasa yang telah diproses dalam kelembapan dalam rentan waktu tertentu. Proses pembuatan bawang hitam ini menghasilkan gula yang telah terkalamelisasi dengan sempurna dan dapat terpecah secara bertahap.

Dari segi rasa bawang hitam memiliki rasa yang lebih enak di banding bawang putih mentah pada umumnya. Terdapat perpaduan rasa asam, manis hingga asin dengan tekstur lembut dan lumer di mulut.

Bahkan hingga ke baunya pun tidak sama seperti saat Anda makan bawang mentah karena dijamin bawang hitam tidak mengandung bau yang menyengat.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi Dari Bawang Hitam

Di dalam bidang kuliner dunia seperti Korea dan Negara maju lainnya, bawang hitam tenyata digunakan sebagai salah satu jenis menu mewah khas restoran bintang lima.

Lebih dari itu, black garlic atau bawang hitam rupanya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan penyembuhan terdapat berbagai macam penyakit. Jenis penyakit seperti kanker, diabetes, alergi, penyakit kulit, anti aging, anti virus dan jenis penyakit lainnya.

Bawang putih hitam juga dapat membantu meregenerasi sel serta membentuk kembali trombosit, HB darah yang berfungsi untuk membentuk kembali jaringan baru pasca operasi.

Begini Cara Membuat Bawang Putih Hitam Untuk Kesehatan

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu mengenai langkah-langkah membuat bawang hitam untuk kesehatan dengan alat yang dapat Anda sediakan sendiri di rumah.

1. Dengan Menggunakan Alat Rice Cooker
Cara membuat bawang putih hitam yang pertama adalah dengan menggunakan magic com atau rice cooke dan alat dan bahan yang dibutuhkan:

– 200 gram bawang putih jenis kating atau bisa juga menggunakan bawang tunggal segar.
– Rice cooker.
– Lilin aroma terapi yang berguna untuk menetralisir aroma bawang yang menyengat.

Cara Pembuatan:

– Letakkan rice cooker di daerah yang memiliki ventilasi yang cukup bagus. Bisanya di dekat jendela

– Kemudian kupas bawang putih namun jangan sampai terkelupas semua. Hal ini untuk menghindari bawang menjadi gosong.

– Gunakan tisu dapur untuk alas rice cooker lalu letakkan bawang putih dengan menatanya secara tunggal.

– Tutup kembali dengan tisu dapur, lalu tata kembali bawang putih sama seperti proses sebelumnya hingga rice cooker terisi penuh.

– Setelah terisi penuh letakkan tisu dapur di bagian paling atas lalu nyalakan tombol rice cooker dengan membiarkannya tetap pada posisi warm.

– Tunggu hingga 40 hingga 90 hari dengan mengeceknya minimal 5 hari sekali.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *