Dengan kekuatan ekonomi yang sangat besar, kaya akan budaya, biaya kuliah yang terjangkau, lokasi yang strategis di pusat Eropa, serta sejarah politik yang sangat berwarna, tidak heran kalau Jerman menjadi tujuan studi utama bagi mahasiswa dari berbagai negara.

Bagi para pelajar maupun para mahasiswa, kuliah di Jerman merupakan impian karena pendidikan di Jerman membebaskan biaya sekolah atau gratis untuk semua level pendidikan, menurut situs website pendidikan Avana.

Memang ada beberapa Universitas yang menerapkan biaya kuliah, tetapi angkanya sangat terjangkau.

Bahkan jauh lebih murah dibanding biaya kuliah di negara-negara Eropa lainnya. Selain biaya yang terjangkau, beberapa Universitas di Jerman adalah yang terbaik di dunia dan kota-kota di Jerman juga memiliki kualitas hidup yang sangat tinggi.

Nah, kalau kamu tertarik studi di Jerman, pertanyaannya kota mana yang harus dipilih? Tidak ada jawaban yang salah, karena semua kota di Jerman memiliki keunikan tersendiri.

Dan hampir semua Universitas di Jerman itu berkualitas, karena memang Jerman memiliki standar pendidikan yang tinggi. 

Jerman memiliki kota-kota yang terdapat kampus berkualitas. Lalu kota kota di Jerman mana saja yang terbaik bagi pelajar? Agar tahu, ikuti artikel berikut ini

1.Aachen

Kota kota di Jerman terbaik untuk studi yang pertama adalah Aachen, akan tetapi mungkin bukan kota yang populer, tapi kota kecil ini unggul dalam hal pendidikan dan memiliki 2 Universitas terkemuka dalam bidang teknologi, yaitu RWTH Aachen University dan FH Aachen. Kalau kamu tertarik mempelajari Teknik Mesin, Otomotif, Manufaktur, dan Teknologi Medis, maka Aachen adalah pilihan tepat. 

Bahkan di Aachen terdapat rumah sakit dengan fasilitas terlengkap di Eropa, yaitu Klinikum Aachen yang juga merupakan rumah sakit akademik bagi RWTH Aachen. Sedangkan FH Aachen University of Applied Science merupakan universitas terapan nomor satu di Jerman yang mengkhususkan diri di bidang Teknik Elektro dan Mesin. 

Memiliki lokasi yang berdekatan dengan perbatasan Belgia dan Belanda, memudahkan mahasiswa untuk menikmati keindahan negara tersebut pada musim liburan.  

2.Berlin

Kota kota di Jerman terbaik untuk studi yang selanjutnya adalah Berlin merupakan kota terbesar di Jerman dengan jumlah populasi lebih dari 3,5 juta jiwa. Dua Universitas papan atas ada di Berlin, yaitu Humboldt-Universität zu Berlin dan Frei Universität Berlin.

Tidak hanya kuliah, mahasiswa yang tinggal di Berlin akan disuguhi berbagai museum terkenal dan bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan kota Berlin. Tempat-tempat bersejarah di Berlin tadi sangat cocok buat kamu yang penasaran dengan perang dunia II. Jangan pernah juga berpikir kamu akan kesepian, karena Berlin merupakan kota metropolis yang selalu “hidup” selama 24 jam.

3.Frankfurt

Belajar sekaligus tinggal di kota yang disebut-sebut memiliki kualitas hidup terbaik nomor 7 dunia ini adalah impian para pelajar. Frankfurt kaya akan warisan budaya dan institusi pendidikan kelas dunia. Beberapa Universitas terkenal di Frankfurt diantaranya Johann Wolfgang Goethe University, University of Applied Science Frankfurt, maupun Frankfurt Schools of Finance and Management. 

Kota kota di Jerman terbaik untuk studi kota Frankfurt sangat cocok bagi mahasiswa bisnis karena di kota ini terdapat kantor pusat Bank Central Eropa dan terdapat salah satu bursa saham terbesar dunia. Ini menjadi peluang bagi mahasiswa bisnis untuk berkarir dalam ekonomi global. Para penggemar buku juga bisa menikmati pameran buku terbesar dunia, yaitu The Frankfurt Book Fair yang berlangsung setiap bulan oktober.

4.Freiburg

Freiburg im Breisgau merupakan salah satu kota pendidikan yang terkenal dengan kehangatan cuacanya (kota paling cerah di Jerman). Dengan cuaca yang cerah, kota ini menjadi pusat wisata dan pusat anggur yang besar. Dengan suasana kota kecil yang fokus pada pendidikan dan pariwisata, kota ini dijuluki sebagai Eco City (kota ramah lingkungan). Di Freiburg terdapat Universität Freiburg yang menjadi Universitas terbaik ke 7 di Jerman.

5.Hamburg

Terletak di Jerman bagian utara, Hamburg merupakan kota terbesar kedua di Jerman. Hamburg memiliki pelabuhan tersibuk di Jerman, sehingga kehidupan di Hamburg berjalan selama 24 jam. Meskipun sangat kosmopolitan, hamburg juga sangat “berpendidikan”.

Terdapat 16 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang menawarkan berbagai bidang yang sangat prospektif.

Terdapat satu universitas yang unik, yaitu HafenCity University yang hanya fokus pada bidang Arsitektur, Teknik Sipil, dan Perencanaan Kota. 

Leave a comment

Your email address will not be published.