Bagi yang ingin pelesir ke Eropa, Jerman menjadi salah satu negara favorit untuk dikunjungi, seperti dilansir website Studiva.com.

Salah satu alasannya adalah karena iklim di Jerman yang sangat bersahabat. Iklim moderat yang ada di Jerman membuat negara tersebut sangat jarang mengalami cuaca ekstrem. 

Jerman tidak mengalami cuaca sangat tinggi di musim panas maupun sangat rendah di musim dingin. Ini membuat pengunjung bisa menikmati suasana empat musim di Jerman tanpa terganggu cuaca ekstrem. 

Nah bagi kalian yang ingin tahu keempat musim di Jerman itu atau ingin tahu waktu yang tepat datang ke Jerman.

Bagi yang mau bepergian ke luar negeri, kalian harus tahu musim negara tersebut. Ingin tahu jenis musim di Jerman dan kapan waktunya? Ikuti ulasan ini  

  • Musim semi atau Der Frühling

Musim semi di Jerman biasanya terjadi pada Maret (Marz), April, dan Mei (Mai). Musim semi sangat ditunggu-tunggu orang Jerman. Setelah mengalami musim dingin yang panjang, inilah saat bagi mereka kembali melihat matahari keluar.

Mereka biasanya memenuhi taman, cafe outdoor hanya untuk berjemur dan merasakan kehangatan sinar matahari. Bagi pecinta acara budaya, saatnya bagi mereka berkunjung ke Jerman. Karena ada banyak festival dan acara tradisional yang diadakan di bulan Maret hingga Mei ini.

Selain itu, berbagai macam bunga dan tumbuhan yang tumbuh di musim semi juga membuat Jerman tampak lebih indah.  

  • Musim panas atau Der Sommer 

Musim panas yang terjadi pada bulan Juni hingga Agustus menjadi puncak kedatangan turis ke Jerman. Suhu musim panas berkisar sekitar 20°C. Bagi pelajar yang sedang studi di Jerman, musim panas sangat ditunggu-tunggu. Karena mereka akan mendapatkan libur hingga 6 minggu.

Berbeda dengan Indonesia yang terbiasa dengan suhu di atas 25°C, suhu 20°C di Jerman sudah termasuk sangat panas. Bahkan ada beberapa kantor atau sekolah yang diliburkan karena suhu di atas 25°C.

Bagi kalian yang hendak piknik ke Jerman di musim panas, coba berpikir ulang. Karena tarif hotel dan tiket pesawat ke Jerman sedang mahal-mahalnya. Kalian juga tidak akan merasakan perbedaan cuaca yang luar biasa, karena sudah terbiasa dengan musim panas di Indonesia.

Tapi bagi kalian yang ingin merasakan sensasi festival dan berbagai perayaan lokal, inilah saatnya datang ke Jerman. Karena di musim panas inilah rakyat Jerman mengadakan festival yang bisa diadakan hampir setiap hari.

  • Musim gugur atau Der Herbst

Musim gugur di Jerman terjadi pada bulan September hingga November dan ditandai dengan turunnya suhu menjadi sekitar 17-18°C. Bahkan pada malam hari suhu bisa turun menjadi 10°C. Pada bulan-bulan ini, rakyat Jerman masih merasakan kegembiraan karena dedaunan masih tumbuh dengan warna yang beraneka ragam.

Orang Jerman biasa menyebut musim gugur dengan istilah altweibersommer atau musim panas India. Tapi siap-siap saja pada perubahan cuaca yang sangat cepat. Karena pada akhir November, siang hari bisa menjadi lebih singkat dan suhu menjadi sangat dingin dan cuaca tampak mendung.

Bagi kalian yang mencari tiket murah serta tarif hotel murah, musim gugur adalah saat yang tepat. Tapi siapkan sweater dan jas hujan, karena musim gugur di Jerman berarti sering terjadi hujan di Jerman.

  • Musim dingin atau Der winter

Apa yang terjadi dengan musim dingin di Jerman? Suhu terendah bisa mencapai -3°C. Pada musim dingin, orang Jerman biasanya diberi winterferien (libur musim dingin) selama 3 minggu. Bagi pecinta olahraga musim dingin, inilah saatnya melakukan ski maupun papan luncur salju di pegunungan Alpen.

Tidak banyak yang datang ke Jerman pada musim dingin. Beruntunglah kalian yang berencana pergi ke Jerman pada musim dingin, karena harga tiket pesawat dan kamar hotel berada di titik terendah.

Gimana, sudah siap pergi ke Jerman? Sebelum berangkat, jangan lupa siapkan diri kalian untuk menghadapi musim di Jerman ya!!

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *