Renovasi Rumah Tua untuk Melengkapi Fondasi Situs Judi

Renovasi Rumah Tua untuk Melengkapi Fondasi Situs Judi – Assalamualaikum Wr, Wb. Saya berencana merenovasi rumah saya yang sudah saya tinggali sejak 7 tahun lalu. Rumah saya ini berukuran kurang lebih 70m2 dengan luas lahan 105m2, dan menghadap ke arah utara. Kanan, kiri, dan belakang rumah saya adalah rumah tetangga, dan di ujung depan rumah saya ada petakan yang saya kontrakkan kepada tukang bubur. Di depan rumah ada jalan dengan lebar sekitar 5m. Ruang yang saya butuhkan adalah sebagai berikut. 1. Ruang tamu yang kecil. 2. Ruang keluarga yang cukup besar sehingga kedua putri saya dapat bermain di sana. 3. Ruang tidur utama dengan kamar mandi. 4. Ruang tidur anak (3 buah). 5. Kamar mandi tamu. 6. Kamar mandi untuk anak. 7. Musala. 8. Ruang tidur pembantu. 9. Ruang cuci jemur. 10. Dapur. 11. Ruang makan. 12. Carport Sekarang ini, saya punya semacam ruang kosong di pojok rumah, yang gunanya memasukkan cahaya ke dalam ruang keluarga, namun dipenuhi dengan mainan anak saya.

Renovasi Rumah Tua untuk Melengkapi Fondasi Situs Judi

Karena itu, jika memungkinkan, saya ingin ada sebuah gudang kecil juga untuk menyimpan semua itu. Saya juga menginginkan taman di dalam rumah sehingga udara dan sirkulasi baik. Rumah yang saya tempati ini adalah rumah tua, yang denahnya amburadul dan konstruksinya kurang baik. Dindingnya terbuat dari semacam batu kapur, jadi sepertinya harus dibongkar ketika konstruksi. Dinding yang bisa saya pertahankan hanya dinding ruang tidur dan kamar mandi di ruang tidur, dinding antara ruang dapur dengan kamar mandi dan dinding ruang dapur dengan ruang tamu karena itu masih baru. Sepertinya banyak yg harus saya bongkar, ya? Saya sebenarnya ingin merenovasi secara bertahap agar dana mencukupi. Namun saya bingung, bagian mana yang harus saya bongkar dan renovasi terlebih dahulu. Untuk ruangan, yang paling saya butuhkan saat ini adalah ruang keluarga yg besar dan 1 ruang tidur anak. Mohon dibantu Pak Wijoyo. Lili Amelia, Pancoran, Jakarta Selatan

Assalamualaikum Wr. Wb. Ibu Lili. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, sepertinya bangunan rumah Anda dibuat dengan material yang kurang bagus kualitasnya. Mengingat Anda ingin melakukan renovasi besar dan penambahan ruang yang lebih banyak lagi, dengan sendirinya Anda pasti harus membangun bangunan rumah bertingkat. Saya menyarankan untuk membangun bangunan baru, karena lebih efisien daripada menambal sulam struktur dan perbaikanperbaikan dinding di sana-sini, yang belum tentu terjamin hasilnya di kemudian hari. Dari kebutuhan ruang yang Anda inginkan, dan hitungan luas ruangnya, rumah Anda mau tidak mau harus menjadi bangunan 2 lantai lebih. Saya membuat perhitungan luas ruang berdasarkan standar ideal, bukan standar minimal. Oleh sebab itu, di setiap ruangan selalu saya beri notasi furnitur dengan ukuran skala sesungguhnya, sehingga setiap ruangan bisa terlihat memenuhi syarat ideal atau tidak. Sirkulasi untuk anggota keluarga Anda juga perlu diperhatikan, karena kelak Anda akan menjadi keluarga yang cukup besar dengan 3 anak yang masing-masing memiliki aktivitas dan ruang tidur sendiri, ditambah ada pembantu, minimal ada 6 orang di rumah dengan aktivitas yang berbeda.

Di lantai dasar saya mencoba memertahankan posisi kamar mandi dan dapur, supaya bisa mengurangi pekerjaan instalasi pipa air bersih, air kotor, dan air kotor WC. Jadi di area basah ini, Anda hanya cukup menggeser dan mengatur ulang posisi keran air bersih dan lubang-lubang buangan air kotor, untuk dihubungkan ke pipa air dan saluran buangan yang lama. Dengan demikian, meski semua bangunannya baru, tetapi Anda tetap masih bisa menggunakan instalasi pipa air yang lama. Setelah Anda merenovasi, apakah ruang yang Anda sewakan untuk berjualan akan masih tetap disediakan? Seandainya ya, lebih baik ruang atau bangunan semi permanen tersebut dibuat melebar dan tidak menempel pada bangunan rumah, supaya rumah Anda, terutama ruang tidur utama tetap memiliki bukaan untuk sirkulasi udara dan masuknya sinar matahari. Ruang penerima atau foyer dapat dipakai untuk menerima tamu yang bukan keluarga dekat, sehingga cukup disediakan sepasang kursi.

Dengan demikian, Anda akan memiliki sebuah ruang yang lebih luas untuk ruang keluarga dan ruang makan yang juga menyatu dengan taman dalam atau ruang terbuka. Dapur dapat saja Anda buat lebih tertutup seandainya diperlukan, supaya kegiatan masak yang menimbulkan bau tidak akan mengganggu aktivitas di ruang keluarga. Ruang tidur utama yang semula luas namun bentuknya tidak teratur, saya buat menjadi lebih kompak. Kamar mandi dalamnya juga lebih luas dari semula yang hanya cukup untuk WC dan bak cuci tangan. Khusus untuk kamar mandi di ruang tidur utama dan powder room di luar, perlu Anda tambahkan exhaust fan pada langit-langit untuk membantu mengeluarkan udara pengap dan lembap kamar mandi, karena kedua ruang ini tidak memilki bukaan atau jendela langsung ke ruang luar. Di lantai 2, setelah tangga ada hall kecil, yang berfungsi sebagai tempat pertemuan anak-anak Anda, atau bisa digunakan sebagai ruang bermain dan ruang belajar. Di tempat ini juga saya buatkan lemari besar yang dapat Anda gunakan untuk lemari penyimpanan mainan anak-anak Anda.

Anda dapat memasukkan mainan anakanak ke dalam kotak penyimpanan (container box) terlebih dahulu sebelum disusun ke dalam lemari penyimpanan. Ruang tidur anak berjumlah 3 ruangan dilengkapi dengan kamar mandi bersama dan ruang salat di samping kamar mandi. Di sini Anda bisa melihat bahwa dengan ruang yang terbatas, tidak memungkinkan untuk membuat satu lagi ruang tidur di lantai 1. Karenanya ketiga ruang tidur anak berada di lantai 2. Jadi dengan terpaksa ruang untuk servis dan pembantu harus berada di lantai 3, karena Anda sudah dapat melihat sendiri bahwa tidak mungkin servis area ini diletakkan di lantai 2 atau lantai 1. Namun dengan letak yang berada di belakang, nantinya bangunan akan terlihat sebagai bangunan 2 lantai, dan tidak akan terlihat paling tinggi di lingkungaan sekitar. Untuk rencana pembangunan bertahap, saya rasa agak sulit apabila Anda harus memecah lantai dasar dengan penambahan sebuah ruang tidur untuk saat ini. Apabila Anda terkendala dengan biaya pembangunan seluruhnya. Mungkin pentahapannya dapat dilakukan dengan Anda mengerjakan lantai 1 dan lantai 2-nya dijadikan atap lantai beton untuk sementara. Nanti tahap berikutnya adalah membangun lantai 3 sebagai atap lantai 2 dan seterusnya hingga akhirnya rumah Anda dapat berdiri sempurna. Semoga ibu Lili dapat menerima penjelasan dan usulan dari saya, dan rumah dapat segera dibangun. Wasalamualaikum Wr. Wb.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *