Tips Tinggal di Daerah Banjir ala Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik

Tips Tinggal di Daerah Banjir ala Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik. Jika Ingin Tinggal di rumah banjir, Berdasarkan hasil wawancara dengan banyak orang, inilah 5 cara mereka menyiasati tinggal di perumahan banjir.

Meninggikan Rumah

Tujuan meninggikan lantai rumah ini adalah agar air tidak masuk ke dalam rumah. Ketinggiannya bervariasi, tergantung dari kondisi banjir di perumahan. Biasanya, mereka meninggikan lantai mulai dari 50cm hingga 120cm. Jika cara ini ingin Anda lakukan juga, yang patut Anda perhatikan adalah saat lantai rumah ditinggikan, ketinggian plafon dan atap harus ditinggikan juga sehingga ketinggian rumah tetap ideal dan tidak terkesan sumpek dan sempit.

Membuat Ruang Darurat

Ruang darurat ini adalah ruang yang digunakan jika kondisi air masuk ke dalam rumah. Ruang ini berada di lantai 2, dan minimal terdiri dari 1 buah ruang kosong dan 1 buah kamar mandi. Ruang ini tidak perlu kosong, bisa saja sebuah ruang tidur atau ruang apapun. Hanya saja, ruang ini harus dirancang se­ eksibel mungkin agar dapat menjadi tempat tinggal sementara seluruh anggota keluarga dan menampung barang di kala banjir masuk ke dalam rumah.

Meletakkan Stop Kontak di Atas

Hindari memasang stop kontak di area bawah dinding. Ini dikarenakan air yang masuk secara tiba-tiba dan masuk ke dalam stop kontak dapat mengakibatkan korsleting listrik dan membuat kebakaran di rumah. Posisi yang disarankan adalah setinggi 1,2m. Jarak ini dianggap masih aman bagi rumah yang terkena banjir hingga sebetis atau setinggi 60cm.

Memilih Furnitur yang Simpel Menyelamatkan furnitur saat banjir masuk ke dalam rumah adalah hal wajib yang biasanya dilakukan pemilik rumah. Untuk itu, ada beberapa hal yang mereka sangat perhatikan. • Jumlah furnitur di dalam rumah secukupnya saja, karena tempat penyimpanan terbatas. • Pilih furnitur yang berbobot ringan agar tidak menghabiskan tenaga saat mengangkatnya. • Pilih furnitur yang tahan air atau tidak langsung rusak saat terkena air. Hindari pemakaian kayu olahan seperti multipleks, plywood, teakblock, karena mudah rusak.

Memiliki Steger Besi

Ini menarik, ternyata banyak orang yang sering terkena banjir memiliki steger besi. Bentuknya beragam dan desainnya tidak ada pakemnya. Steger ini seperti rak penyimpanan yang terbuat dari besi dan bisa dirakit (bongkar pasang) hingga saat tidak digunakan bisa disimpan di gudang. Steger ini berfungsi untuk menaruh semua furnitur, baik yang berat maupun ringan saat air masuk ke dalam rumah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *